RPP Pendidikan Agama Kristen Kelas X Semester Ganjil SMA/SMK 2015/2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2015 - 2016
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan
kehidupan sosial dengan menunjukkan bahwa remaja Kristen
bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai pribadi yang dewasa dan
memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Menjelaskan proses remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan
perubahan-perubahan dalam segala aspek.
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 45 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
 Menyebutkan
pengertian proses pertumbuhan dewasa.
 Menyebutkan
pengertian pribadi yang dewasa.
 Menjelaskan
beberpa perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja.
 Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja secara fisik.
 Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek social.
 Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual.
 Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional
Materi Pembelajaran
Proses dan Pribadi yang
Dewasa
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran
langsung, pemecahan masalah.
2.
Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
o Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
o Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan
Buku Bukti
mengikuti Ibadah
Minggu.
o Mengadakan apersepsi.
|
15
|
Kegiatan Inti
|
o Guru bertanya tentang pengertian proses
pertumbuhan dewasa.
o Guru menjelaskan pengertian proses pertumbuhan
dewasa dan pengertian pribadi yang dewasa.
o Guru menjelaskan beberapa perubahan yang harus
dialami seorang remaja.
o Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
o Guru memberian tugas untuk
didiskusikan oleh setiap kelompok.
o Siswa melaporkan hasil diskusinya kepada guru.
o Guru menjelaskan beberapa perubahan yang harus
dialami oleh seorang remaja.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
o Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
o Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
15
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku nyanyian rohani
c.
Dewasa Dalam Kristus,
SLTA kelas 1 Penerbit Bina Medan Informasi
d.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh
Dalam Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
2.
Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan
Presentasi
3.
Alat
Buku
paket, Media pembelajaran, LCD, Komputer, dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan proses
remaja bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan-perubahan dalam segala aspek
|
Tugas Individu
|
Observasi
|
Mengamati
perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja!
|
Pertanyaaan :
1. Tuliskan
minimal 5 (lima) Kelebihan dan kekurangan anda sendiri !
2. Tuliskan
minimal 5 (lima) Kelebihan dan kekurangan teman sebangku mu !
3. Tuliskan
beberapa saran atau solusi untuk mengembangkan bakat teman anda !
Mengetahui, Pontianak,
Juli 2015
Kepala
SMK Koperasi Pontianak Guru
Mata Pelajaran
Mahdi M. Daud, SH.,
S. Pd Suryadi,
S.Pd.K
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar