RPP Pendidikan Agama Kristen Kelas XII Semester Ganjil SMA/SMK 2015/2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran                                     : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                              : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester                                    : XII/1
Tahun Pelajaran                                   : 2015 - 2016

Standar Kompetensi
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar dan damai sejahtera.
Kompetensi Dasar
Menjelakan gereja dan perannya sebagai institusi social dan sebagai [ersekutuan orang percaya di tengah tantangan kehidupan masa kini.
Indicator
Mengidentifikasi pertumbuhan gereja
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Disiplin, Kreatif, Mandiri, Tanggung jawab, Semangat kebangsaan, Peduli social, Rasa ingin tahu, Bersahabat/ komunikatif

Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  Menjelaskan arti gereja dalam bahasa Portugis.
  Menjelaskan arti gereja dalam bahasa Yunani
  Menjelaskan makna gereja dalam perspektif Perjanjian Baru.
  Menjelaskan sifat-sifat gereja.
  Menggambarkan garis sejarah gereja
  Menjelaskan garis sejarah gereja.
  Menggambarkan bagan perpecahan gereja.
  Menjelaskan gambar bagan perpecahan gereja.

Materi Pembelajaran
Pengertian dan Sejarah Gereja
Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.  Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
         Guru bertanya mengenai pengertian gereja menurut siswa sendiri.
         Guru menjelaskan pengertian gereja menurut bahasanya dan makna teologhisnya.
         Guru menjelaskan sifat-sifat gereja.
         Guru menunjukkan garis sejarah gereja dan bagan perpecahan gereja.
         Siswa menggambarkan garis sejarah gereja dan bagan perpecahan gereja.
         Guru menjelaskan gambar garis sejarah gereja dan bagan perpecahan gereja.
         Siswa memberikan tanggapannya dan menunjukkan dimanakah posisi gerejanya dalam bagan perpecahan gereja.
60
Kegiatan Penutup
         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Sumber, Bahan dan Alat
1.      Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku Pujian Bagi Kristus
c.       Suluh Siswa 3 Berkarya Dalam Kristus SMA/SMK Kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia
d.      LKS Pendidikan Agama Kristen Kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
2.      Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.      Alat
Buku paket, Media pembelajaran,  LCD, Komputer, dan kidung Jemaat

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi pertumbuhan gereja
Pertanyaan Lisan di kelas
Uraian Bebas
1.       Apakah arti Gereja?
2.       Adakah Gereja di zaman Perjanjian Lama? Dan apakah istilahnmya jika ada?
Tugas Individu
Uraian Bebas
Jelaskanlah sejarah gereja!
Mengetahui,                                                                                        Pontianak, Juli 2015
Kepala SMK Koperasi Pontianak                                                       Guru Mata Pelajaran

Mahdi M. Daud, SH., S. Pd                                                               Suryadi, S.Pd.K

NIP.                                                                                                    NIP.

Komentar

Postingan Populer