RPP Pendidikan Agama Kristen Kelas XI Semester Genap SMA/SMK 2015/2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran                                     : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                              : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester                                    : XI/II
Tahun Pelajaran                                   : 2015 - 2016

Standar Kompetensi
Merespon nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Mewujudkan nilai-nilai krisiani di dalam menghadapi gaya hidup modern

Indicator
Mengidentifikasi corak hidup modern dan nilai-nilai kristiani

Nilai Karakter Bangsa
Religious, jujur, kreatif dan rasa ingin tahu

Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  Menjelaskan keberadaan agama Kristen di tengah zaman modern ini.
  Menjelaskan kedudukan zaman modern terhadap agama Kristen.
  Mengurutkan contoh-contoh tindakan modernisasi oleh tokoh-tokoh Alkitab.
  Menjelaskan dampak modernisasi terhadap gaya hidup sehari-hari.
  Menjelaskan paham-paham yang sering dianut manusia pada zaman modern ini.
  Menjelaskan pandangan alkitab terhadap paham-paham yang sering dianut manusia zaman modern ini.

Materi Pembelajaran
Gaya Hidup Modern

Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.   Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,




Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
  Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
  Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
  Guru menjelaskan keberadaan agama Kristen di tengah zaman modern ini.
  Siswa mencari tokoh-tokoh Modernisasi dari Alkitab.
  Siswa mengurutkan contoh-contoh tindakan modernisasi oleh tokoh-tokoh Alkitab.
  Siswa mengungkapkan pengalamannya akan dampak modernisasi terhadap dirinya.
  Guru menjelaskan dampak modernisasi terhadap gaya hidup sehari-hari.
  Guru menjelaskan paham-paham dan pandangan Alkitab terhadap paham tersebut pada zaman modern ini.
60
Kegiatan Penutup
  Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
  Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10

Sumber, Bahan dan Alat
1.   Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku Pujian Bagi Kristus
c.       Cermin Remaja 3 Hidup Yang Brubah Kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia
d.      Suluh Siswa 2 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
e.       LKS Pendidikan Agama Kristen Kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia
2.   Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.   Alat
Buku paket, LKS, LCD, Media Pembelajaran, dan Buku Pujian

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi corak hidup modern dan nilai-nilai kristiani
Tugas Kelompok
Penugasan
Presentasikanlah diskusi anda tentang kedududkan agama Kristen di zaman modern ini!
Mengetahui,                                                                                        Pontianak, Juli 2015
Kepala SMK Koperasi Pontianak                                                       Guru Mata Pelajaran

Mahdi M. Daud, SH., S. Pd                                                               Suryadi, S.Pd.K

NIP.                                                                                                    NIP.

Komentar

Postingan Populer