RPP Pendidikan Agama Kristen Kelas XII Semester Genap SMA/SMK 2015/2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan : SMK Koperasi
Pontianak
Kelas/Semester : XII/2
Tahun Pelajaran : 2015-2016
Standar Kompetensi
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai
warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam
tindakan sebagai pembawa kabar dan damai sejahtera.
Kompetensi Dasar
Bersikap kritis terhadap nilai-nilai demokratis dan HAM dalam
hidupnya
Indicator
Menjelaskan system demokrasi yang umum berlaku
Nilai Karakter Bangsa
Religious, toleransi,
demokratis, semangat kebersamaan, cinta tanah air, bersahabat,/komunikatif,
cinta damai, peduli social.
Alokasi Waktu
8 x 40 menit (4 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan pengertian demokrasi
Menjelaskan cirri Negara system pemerintahan
demokrasi
Menjelaskan pengertian demokrasi Pancasila
Menyebutkan bunyi sila dari Pancasila
Materi Pembelajaran
Demokrasi
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan proses,
kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab,
Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Membuka
pertemuan dengan kebaktian singkat
Memeriksa
kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
Mengadakan
apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Guru
menjelaskan pengertian demokrasi
Siswa
mendiskusikan jenis-jenis demokrasi yang berlaku dalam setiap Negara-negara.
Guru
menjelaskan perbedaan dan persamaan daridemokrasi yang berlaku di setiap
Negara.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran.
Salah
seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Membuka
pertemuan dengan kebaktian singkat
Memeriksa
kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
Mengadakan
apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Guru
menjelaskan cirri Negara system pemerintahan demokrasi
Siswa
mendiskusikan kelebihan dan kekurangan Negara system pemerintahan demokrasi.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran.
Salah
seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Pertemuan 3
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Membuka
pertemuan dengan kebaktian singkat
Memeriksa
kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
Mengadakan
apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan latar belakang adanyan
demokrasi Pancasila.
Siswa
melaporkan hasil pekerjaannya kepada guru.
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran.
Salah
seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Pertemuan 4
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Siswa/Guru
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Membuka
pertemuan dengan kebaktian singkat
Memeriksa
kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
Mengadakan
apersepsi.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Guru
memeriksa dan memberikan pertanyaan kepada setiap hasil pekerjaan siswa.
Guru
menjelaskan setiap kekurangan pekerjaan sisa.
Satu
persatu siswa menyebutkan bunyi Pancasila
|
60
|
Kegiatan Penutup
|
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran.
Salah
seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku Pujian Bagi Kristus
c.
Suluh Siswa 3 Berkarya Dalam Kristus SMA/SMK Kelas 12 Penerbit BPK
Gunung Mulia
d.
LKS Pendidikan Agama Kristen Kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
2.
Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan
Presentasi
3.
Alat
Buku
paket, Media pembelajaran, LCD, Komputer, dan kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan system
demokrasi yang umum berlaku
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Terbatas
|
1. Sebutkan arti
Pancasila!
2. Sebutkan bunyi
Pancasila!
|
Mengetahui, Pontianak,
Juli 2015
Kepala
SMK Koperasi Pontianak Guru
Mata Pelajaran
Mahdi M. Daud, SH.,
S. Pd Suryadi,
S.Pd.K
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar