RPP Pendidikan Agama Kristen Kelas XI Semester Ganjil SMA/SMK 2015/2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran                                     : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                              : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester                                    : XI/1
Tahun Pelajaran                                   : 2015 - 2016

Standar Kompetensi
Merespon nilai-nilai kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi dan mewujudkan nilai-nilai kristiani

Indicator
Mengidentifikasi ruang lingkup nilai secara umum

Nilai Karakter Bangsa
Religious, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingn tahu, nersahabat, tanggung jawab

Alokasi Waktu
4 x 40 menit (2 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
  Menjelaskan arti kata Norma
  Menjelaskan makna Susila
  Menjelaskan makna Etika
  Mnejelaskan makna Moral
  Menjelaskan makna potensi
  Mnejelaskan hubungan norma, susila, etika, moral dan potensi.
  Menjelaskan arti nilai.
  Mnejelaskan fungsi nilai
  Menjelaskan hakikat nilai
  Menjelaskan tujuan nilai.
  Mengelompokkan nilai-nilai ke dalam beberapa bagian menurut kadarnya.
  Menyebutkan contoh-contoh masing-masing nilai menurut kadarnya.
  Mengelompokkan nilai-nilai ke dalam beberapa bagian menurut tempat berlakunya.
  Menyebutkan contoh-contoh masing-masing nilai menurut tempat berlakunya.
  Menjelaskan system nilai dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Materi Pembelajaran
Makna dan Hakikat Nilai


Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.  Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi, Hapalan ayat, Kuiz

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
  Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
  Mengadakan apersepsi.
15
Kegiatan Inti
  Guru menjelaskan arti kata norma
  Guru menjelaskan makna susila, etika, potensi dan moral.
  Guru menjelaskan hubungan semua itu.
  Guru menjelaskan arti nilai.
  Guru menjelaskan hakikat nilai.
  Guru mnejelaskan tujuan nilai.
60
Kegiatan Penutup
  Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
  Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
15
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
  Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
  Mengadakan apersepsi.
15
Kegiatan Inti
  Sisa mengelompokkan nilai-nilai ke dalam beberapa bagian menurut kadarnya.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh masing-masing nilai menurut kadarnya.
  Guru menjelaskan nilai-nilai ke dalam beberapa kelompok.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh masing-masing nilai menurut tempat berlakunya.
  Guru menjelaskan system nilai dalam memenuhi kebutuhan manusia.
60
Kegiatan Penutup
  Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
  Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
15

Sumber, Bahan dan Alat
1.   Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku Pujian Bagi Kristus
c.       Cermin Remaja 3 Hidup Yang Brubah Kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia
d.      Suluh Siswa 2 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia.
e.       LKS Pendidikan Agama Kristen Kelas 11 Penerbit BPK Gunung Mulia
2.   Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.   Alat
Buku paket, LKS, LCD, Media Pembelajaran, dan Buku Pujian

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup modern
Tugas kelompok
Dokumentasi
Buatlah makalah gaya hidup modern








Mengetahui,                                                                                        Pontianak, Juli 2015
Kepala SMK Koperasi Pontianak                                                       Guru Mata Pelajaran


Mahdi M. Daud, SH., S. Pd                                                               Suryadi, S.Pd.K

NIP.                                                                                                    NIP.

Komentar

Postingan Populer