Silabus PAK Kelas 7 Semester 1
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
(PAK)
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Standar Kompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam
menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
Aspek : Allah
Tritunggal dan Karya-Nya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Penilaian
|
Waktu
|
Bahan, alat dan Sumber
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tagihan
|
Contoh Tagihan
|
||||||
1. Menjelaskan makna manusia
sebagai mahkota ciptaan Allah
|
1.1. Makna Manusia Sebagai Mahkota Ciptaan Allah
|
1.1.1 Menjelaskan beberapa ajaran dan pandangan tentang manusia.
|
1.1.1.1 Menjelaskan pandangan agama suku tentang manusia.
1.1.1.2 Menjelaskan pandangan evolusionisme tentang manusia.
1.1.1.3 Menjelaskan pandangan hedonisme tentang manusia.
1.1.1.4 Menyimpulkan seluruh pendapat beberapa pandangan tentang
manusia
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Simpulkanlah seluruh pendapat beberapa
pandangan tentang manusia!
|
1 P
|
· Alkitab
· Kidung
Jemaat
· Buku
PAK Kelas VII Penerbit Mitra
· Buku
PAK Kelas VII Penerbit BPK Gunung Mulia
· LCD,
Komputer
|
1.1.2 Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah
|
1.1.2.1 Menceritakan penciptaan manusia oleh Allah.
1.1.2.2 Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah
1.1.2.3 Menjelaskan keistimewaan manusia dibanding ciptaan lainnya.
|
Tes Tertulis
|
Jawaban singkat
|
Terlampir
|
1 P
|
|||
1.1.3 Menjelaskan makna manusia sebagai Mandataris Allah
|
1.1.3.1 Menjelaskan pengertian mandataris.
1.1.3.2 Menjelaskan secara hirearki Kej 1:28 sebagai dasar teologis
Mandat Allah kepada manusia.
1.1.3.3 Menjelaskan beberapa alasan penting mengapa manusia harus
bertanggung jawab memelihara alam.
1.1.3.4 Mendiskusikan cara memelihara alam sebagat seorang siswa dan
warga negara yang baik
|
Tes
|
Uraian
|
Terlampir
|
2 P
|
|||
1.1.4 Menjelaskan wujud tindakan sebagai manusia segambar dan serupa
dengan Allah
|
1.1.4.1 Menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia.
1.1.4.2 Menjelaskan fungsi (semen religious).
1.1.4.3 Mendiskusikan wujud tindakan berhubungan dengan Allah
melalui doa, ibadah dan membaca Alkitab.
|
Non Tes
|
Observasi
|
Terlampir
|
1 P
|
|||
2. Menceritakan tanda-tanda
bahwa Allah terus berkarya
|
2.1 Allah Terus Berkarya
|
2.1.1 Menceritakan contoh-contoh karya Allah dalam kehidupan manusia
|
2.1.1.1 Menyebutkan contoh-contoh karya Allah dalam penciptaan
manusia.
2.1.1.2 Menceritakan contoh karya Allah dalam memenuhi kebutuhan
jasmani manusia.
2.1.1.3 Menceritakan perlindungan Allah atas perjalanan hidup
manusia sehari-hari.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
a. Sebutkan karya Allah melalui
Musa!
b. Sebutkan karya Allah melalui
Tuhan Yesus!
|
2 P
|
|
2.1.2 Menceritakan contoh-contoh karya Allah dalam alam semesta.
|
2.1.2.1 Menceritakan secara singkat penciptaan alam semesta.
2.1.2.2 Menceritakan keajaiban alam yang dibuat oleh Allah.
2.1.2.3 Menceritakan contoh-contoh sikap manusia yang baik terhadap
karya Allah.
|
1 P
|
||||||
2.1.3 Menceritakan contoh-contoh karya Allah melalui kelahiran,
kematian dan kesembuhan penyakit.
|
2.1.3.1 Menceritakan contoh karya Allah melalui kelahiran
2.1.3.2 Menceritakan contoh karya Allah melalui kematian
2.1.3.3 Menceritakan contoh karya Allah atas kesembuhan penyakit
|
3 P
|
||||||
3. Mengakui bahwa pemeliharaan
Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat daripada kecenderungan manusia
untuk merusaknya
|
3.1 Menyetujui kebesaran Allah dan keterbatasan
manusia
|
3.1.1 Menyetujui kebesaran Allah dan keterbatasan manusia
|
3.1.1.1 Menyetujui contoh-contoh nilai-nilai kebesaran Allah.
3.1.1.2 Menyetujui conoh-contoh nilai keterbatasan manusia.
3.1.1.3 Menyetujui contoh-contoh ketergantungan manusia kepada
Allah.
3.1.1.4 Menyetujui contoh-contoh nilai kesalingtergantungan di antara
sesame manusia.
|
Non Tes
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
2 P
|
|
3.1.2 Menyambut pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam
|
3.1.2.1 Mempertanyakan pentingnya contoh-contoh nilai alam dalam
kehidupan manusia.
3.1.2.2 Menyetujui contoh-contoh nilai dalam Allah menciptakan
ekosistem yang seimbang.
3.1.2.3 Menyetujui contoh-contoh penerapan sikap manusia dalam
bertanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.
3.1.2.4 Memilah dampak-dampak negatif kelalaian manusia dalam
bertanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.
|
3 P
|
Komentar
Posting Komentar