Silabus PAK Kelas 12 Semester 1
SILABUS
Mata pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen
Satuan Pendidikan : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 2016-2017
Standar Kompetensi : Bertanggung jawab sebagai
oprang Kristen dalam perannyasebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-nilai
demokrasi dan HAM khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai
sejahtera.
Aspek : Allah
Tritunggal dan Karya-karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani
Kompetensi Dasar
|
Indicator
|
Nilai-nilai Karakter Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, Bahan dan Alat
|
||
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Mnjelaskan gereja dan perannya sebagai
institusi social dan sebagai persekutuan orang percaya di tengah tantangan
kehidupan masa kini.
|
Mengidentifikasi pertumbhan gereja
|
· Religious
· Disiplin
· Kreatif
· Mandiri
· Tanggung jawab
· Semangat kebangsaan
· Peduli social
· Rasa ingin tahu
· Bersahabat/ komunikatif
|
Pengertian Gereja dan Sejarah
Pertumbuhan Gereja
|
Ø Menjelaskan arti gereja dalam bahasa Portugis.
Ø Menjelaskan arti gereja dalam bahasa Yunani
Ø Menjelaskan makna gereja dalam perspektif Perjanjian Baru.
Ø Menjelaskan sifat-sifat gereja.
Ø Menggambarkan garis sejarah gereja
Ø Menjelaskan garis sejarah gereja.
Ø Menggambarkan bagan perpecahan gereja.
Ø Menjelaskan gambar bagan perpecahan gereja.
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1. Apakah
arti gereja menurutmu?
2. Apakah
gerejha di zaman PL?
|
2 x 40
|
· Alkitab
· Buku PAK kelas XII
Penerbit Cipta Sarana Mandiri
· Buku PAK kelas XII
Penerbit Mitra
· Dewasa Dalam
Kristus, SLTA kelas 3 Penerbit Bina Medan Informasi
· Suluh Siswa 3
Bertumbuh Dalam Kristus kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
· Teladan Kehidupan
3 PAK SMA kelas XII penerbit ANDI
|
Tugas Individu
|
Uraian Bebas
|
Menjelaskan garis sejarah gereja!
|
|||||||
Menanggapi tugas panggilan gereja
|
Tugas Panggilan dan Peran Gereja
|
Ø Menjelaskan latar belakang tugas panggilan gereja.
Ø Menyebutkan dasar teologis tugas panggilan gereja.
Ø Menjelaskan Tri Tugas Panggilan Gereja.
Ø Menjelaskan pengertian organisasi dari sudut pandang social.
Ø Menjelaskan kedudukan gereja sebagai lembaga social.
Ø Menjelaskan peran gereja sebagai lembaga social.
Ø Menjelaskan makna persekutuan dalam gereja.
Ø Menjelaskan peran gereja sebagai persekutuan.
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1. Apakah tugas gereja?
2. Jelaskanlah makna gereja
sebagai lembaga!
3. Jelaskanlah makna persekutuan
dalam gereja!
|
2 x 40
|
|||
Me3mahami kedudukan gereja di tengah
masyarakat
|
Kedudukan Gereja Dalam Masyarakat
|
Ø Menjelaskan kedudukan gereja sebagai kelkompok minoritas di
tengah-tengah umat mayoritas.
Ø Menyebutkan beberapa persoalan yang patutu mendapat
perhatian gereja.
Ø Menjelaskan arti politik.
Ø Menyebutkan beberapa system politik yang umumya belaku.
Ø Menjelaskan tantangan gereja di bidang ekonomi.
Ø Menjelaskan tantangan gereja di bidang social.
Ø Menjelaskan tanangan gereja di bidang budaya.
Ø Menjelaskan tantangan gereja di bidang keamanan.
Ø Menjelaskan tantangan gereja di bidang ideology.
Ø Menyebutkan j3enis-jenis ideology yang dianut oleh
Negara-negara di dunia.
Ø Menjelaskan sikap dan tindakan gereja di tengah masyarakat.
Ø Mengidentifikasi eksistensi gereja di tengah masyarakat
sebagai Garam dan Terang dunia.
Ø Menentukan sikap operasional gereja sebagai Garam dan Terang
dunia.
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Mempresentasikan sikap gereja sebagai
kelompok minoritas.
|
4 x 40
|
|||
Menjelaskan bentuk-bentuk tantangan yang
dhadapi oleh gereja
|
Tantangan-tantangan yang dihadapi oleh
gereja
|
Ø Menyebutkan jenis-jenis tantangan dari luar yang dihadapi
oleh gereja.
Ø Menjelaskan bentuk-bentuk tantangan gereja seiring kemajuan
IPTEK
Ø Menjelaskan beberapa persoalan pokok yang dihadapi gereja
dalam situasi social, politik, budaya.
Ø Mendiskusikan isi dari alran-alran Marcion, Montanisme,
Gnostik yang bertentangan dengan Alkiab.
Ø Menyebutkan jens-jenis tantangan gereja dari dalam gereja
itu sendiri.
Ø Menjelaskan akibat negative dari kemajjemukan aliran dalam
gereja
Ø Menjelaskan akibat positif dari kemajemukan aliran dalam
gereja.
Ø Menjelaskan pemahaman tugas panggilan gereja yang salah.
Ø Menyebutkan arti dari ekslusifisme.
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Mempresentasikan isi dari aliran-alran
yang bertentangan dengan gereja.
|
4 x 40
|
|||
Bersikap kritis terhadap peran agama
dalam masyarakat
|
Menjelaskan hubungan agama dengan budaya
|
· Religious
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cina tanah air
· Tanggung jawab
|
Pengertian Agama
|
Ø Menjelaskan arti agama menurut bahasa Sansekerta.
Ø Menjelaskan arti agama menurut bahasa Latin.
Ø Menyimpulkan arti agama.
Ø Menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan agama.
Ø Menjelaskan unsure-unsur yang terkandung dalam agama.
|
Pertanyaan lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1. Apa
arti agama?
2. Apa
agama yang ada di Indonesia?
3. Apa
unsure-unsur yang terkandung dalam agama?
|
2 x 40
|
|
Budaya Beragama
|
Ø Menjelaskan pengertian budaya menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia.
Ø Menjelaskan pengertian budaya dari asal katanya.
Ø Menjelaskan kelebihan yang memungkinkan manusia menghasilkan
kebudayaan
Ø Menjelaskan sikap Kristen terhadap kebudayaan.
Ø Menjelaskan arti dan tujuan budaya beragama
Ø Menjelaskan hal-hal yang mendorong manusia untuk beragama.
Ø Menjelaskan fungsi agama.
Ø Menjelaskan hal-hal yang mendorong oleh sikap/tindakan
kekerasan agama.
|
Pertanyaan lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1. Sebutikan
arti budaya!
2. Apa
tujuan budaya?
3. Hal-hal
yang mendorong manusia untuk beragama, jelaskan!
|
2 x 40
|
||||
Menjelaskan eksistensi hidup beriman di
tengah masyarakat
|
Hidup Beriman di tengah Masyarakat
|
Ø Menjelaskan pengertian agama dalam perspektif umum
Ø Menjelaskan pengertian agam dalam perspektif Perjanjian
Lama.
Ø Menjelaskan pengertian agama dalam perspektif Perjanjian
Baru.
Ø Menyimpulkan tentang uraian iman.
Ø Menjelaskan kesimpulan pengertian iman.
|
Tugas Individu
|
Uraian Bebas
|
Menyimpulkan arti dan makna iman!
|
2 x 40
|
|||
Menjelaskan peran agama di tengah-tengah
masyarakat
|
Peran Agama
|
Ø Menjelaskanperan konstruktif agama sebagai lembaga.
Ø Menjelaskan peran destruktif agama sebagai lembaga.
|
Tugas Individu
|
Penugasan
|
Menjelaskan peran agama sebagai lembaga.
|
2 x 40
|
Komentar
Posting Komentar