Silabus PAK Kelas 10 Semester 1
SILABUS
Mata pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen
Satuan Pendidikan : SMK Koperasi Pontianak
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2016-2017
Standar Kompetensi : Mewujudkan nilai-nilai
kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan
bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai sebagai pribadi yang dewasa dan tidak
kehilangan identitas.
Aspek : Allah
Tritunggal dan Karya-karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani
Kompetensi Dasar
|
Indicator
|
Nilai-nilai Karakter Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, Bahan dan Alat
|
||
Jenis Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang
komprehensif dalam segala aspek
|
Menjelaskan proses remaja bertumbuh
menjadi dewasa dengan perubahan dalam segala aspek
|
· Religious
· Jujur
· Disiplin
· Kerja keras
· Bersahabat/ komunikatif
|
Proses dan Pribadi yang Dewasa
|
Ø Menyebutkan pengertian proses pertumbuhan dewasa.
Ø Menyebutkan pengertian pribadi yang dewasa.
Ø Menjelaskan beberpa perubahan yang harus dialami oleh
seorang remaja.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja
secara fisik.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja
dalam aspek social.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja
dalam aspek intelektual.
Ø Mendiskusikan contoh-contoh perubahan yang dialami remaja
dalam aspek emosional
|
Tugas kelompok
|
Observasi
|
Mengamati perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja
|
2 x 40
|
· Alkitab
· Buku PAK kelas X
Penerbit Cipta Sarana Mandiri
· Buku PAK kelas X
Penerbit Mitra
· Dewasa Dalam
Kristus, SLTA kelas 1 Penerbit Bina Medan Informasi
· Suluh Siswa 1
Bertumbuh Dalam Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
· Teladan Kehidupan
1 PAK SMA kelas X penerbit ANDI
|
Mengidentifikasi cirri-ciri kepribadian
remaja
|
Cirri-ciri Umum, Minat dan Faktor
Pertentangan Remaja
|
Ø Menginstropeksi diri tentang cirri-ciri umum kepribadian
yang ada pada dirinya baik dari aspek fisik, social, emosi, intelektual, dan
moral-spritual.
Ø Menyebutkan minat rekreasi remaja yang sering nampak.
Ø Menyebutkan minta social remaja yang seringa nampak pada
remaja.
Ø Menjelaskan keadaan hubungan remaja dengan anggota-anggota
keluarga lainnya.
Ø Menyebutkan sebab-sebab umum pertentangan remaha dengan
anggota keluarga lainnya.
Ø Menjelaskan konsekuensi yang diterima remaja dalam usaha
memperbaiki kepribadian
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 1
|
4 x 40
|
|||
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Soal Uraian Bebas
|
1. Sebutkan minat yanga da pada
dirimu!
2. Seberapa seringkah engkau
bertengkar dengan saudaramu?
3. Apa alasanmu menentang
keputusan orang tuamu atau anggota keluarga lainnya
|
|||||||
Identitas Kaum Muda
|
Ø Menjelaskan tujuan remaha mencari identitas.
Ø Menjelaskan alasan identitas merupakan tahap sentral selama
masa muda.
Ø Menginstropeksi keberadaan diri di kelas kategori/kelompok
identitas.
Ø Menjelaskan mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja dalam
mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan identitas.
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
1. Siapakah Kamu?
2. Bagaimana caramu mengenal dirimu
lebih jauh?
|
2 x 40
|
||||
Mengidentifikasi perubahan remaja dalam
mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Kedwasaan Fisik dan Kedewasaan Emosi
|
Ø Menjelaskan makna kedewasaan fisik.
Ø Menjelaskan keberadaan diri yang harus diterima dan
disyukuri.
Ø Menyebutkan pengertian emosi.
Ø Menjelaskan ungkapan emosi remaja yang sebenarnya.
Ø Menjelaskan cara mengembangkan emosi.
Ø Menemukan cara mengendalikan emosi marah
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah bentuk-bentuk emosi!
|
2 x 40
|
|||
Kedewasaan Pola Pikir, Kedewasaan
Sosial: “menjalin Relasi Dengan Sesama
|
Ø Menjelaskan makna kedewasaan pola pikir.
Ø Mengidentifikasi 4 pola pikir yang perlu dikembangkan.
Ø Menemukan ciri karakteristik orang dengan konsep diri
positif.
Ø Menemukan cirri karakteristik orang dengan konsep diri
negative.
Ø Menjelaskan faktor-faktor menjalin relasi dengan sesame.
Ø Menjelaskan macam-macam relasi
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Apakah perbedaan pola pikir positif
dengan negative
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan Iman: “takut Akan Tuhan”
|
Ø Menjelaskan arti kata “takut”
Ø Menjelaskan jenis takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa
Kini.
Ø Menjelaskan alasan takut akan Tuhan.
Ø Menentukan tanggapan dan sikap yang takut akan Tuhan.
|
Tugas Individu
|
Sikap
|
Terlampir 2
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan Iman: “Himat dan Iman”
|
Ø Menjelaskan pengertian iman.
Ø Menjelaskan pengertian Hkmat.
Ø Menjelaskan hubungan hikmat dan iman.
Ø Menjelaskan 4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Mendiskusikan tantangan yang sering dihadapi remaja.
Ø Menentukan sikap untuk memakai sennjata dalam menghadapi
tantangan.
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah sikap yang baik dalam
menghadapi cobaan
|
2 x 40
|
||||
Kedewasaan Iman: “Teladan Dalam
Kebenaran dan Tanggung Jawab” dan kedewasaan Karakter: “Remaja yang
Kristiani”
|
Ø Menjelaskan makna kebenaran menurut Alkitab.
Ø Menjelaskan makna bahwa hukum Taurat tidak membenarkan.
Ø Menjelaskan bahwa manusia dibenarkan karena iman.
Ø Menjelaskan tujuan sikap keteladanan hidup.
Ø Mendiskusikan tanggung jawab orang Kristen sebagai orang
beriman.
Ø Menyebutkan faktor-faktor yang berpean dalam pembentukan
karakter.
Ø Mengidentifikasi tindakan remaja Kristen yang sesuai dengan
nilai-nlai kristiani.
Ø Menyimpulkan uraian remaja yang kristiani.
|
Pertanyaan Lisan di kelas
|
Uraian Bebas
|
Uraikanlah tanggung jawab orang Kristen
sebagai orang beriman!
|
2 x 40
|
||||
Ulangan Harian
|
Soal Uraian Terbatas
|
1. Sebutkanlah pengertian
pribadi yang dewasa!
2. Sebutkanlah kedewasaan yang bagaimanakah
harus dicapai oleh remaja!
3. Ada 4 pola pikir,
sebutkanlah!
4. Jelaskanlah alasa kita kita
takut akan Tuhan!
5. Ada 4 tipe manusia dalam
kehidupan sehari-hari, sebutkanlah!
|
|||||||
Mengidentifikasi berbagai pergumulan
dalam keluarga kaitannya dengan penagruh modernisasi
|
Mengidentifikasi pengaruh modernisasi
terhadap keluarga
|
· Religious
· Disiplin
· Demokratis
· Rasa ingin tahu
· Bersahabat/ komunikatif
· Tanggung jawab
|
Probelamtika yang Dihadapi oleh Keluarga
|
Ø Menyebutkan problematika yang dihadapi keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh kemajuan komunikasi terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh banyaknya wanita karier dalam keluarga.
Ø Mnejlaskan pengaruh motto: Bekerja Tanpa Henti” terhadap
keluarga.
Ø Menjelaskan pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga.
Ø Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
kekerasan dalam keluarga.
|
Tugas Individu
|
Observasi
|
Tuliskanlah problema yang dihadapi oleh
keluarga kita!
|
4 x 40
|
|
Tugas Kelompok
|
Penugasan
|
Carilah akibat orang tua sibuk terlalu
sibuk di dalam keluarga
|
|||||||
Menyikapi Gaya Hidup Modern Demi
Keharmonisan Keluarga
|
Ø Menjelaskan sentralisasi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan
anak.
Ø Menjelaskan sikap yang perlu diungkapkan dalam keluarga
dalam menjaga keharmonisan keluarga
|
Tugas Individu
|
Portofolio
|
Mengumpulkan semua tugas diskusi siswa
baik individu atau kelompok!
|
2 x 40
|
Komentar
Posting Komentar